Mengamankan mikrotik dengan mode MNDP

assalamuallaikum wr wb, kali ini saya akan memposting tentang bagaimana caranya mengamankan mikrotik menggunakan mode MNDP ( MikroTik Neighbor Discovery Protocol )

A. Pengertian

Mikrotik Neighbor Discovery protocol atau MNDP adalah layer 2 broadcast domain yang mengijinkan perangkat yang support MNDP atau CDP untuk saling "menemukan".

B. Latar belakang

pada saat kalian remote via winbox, lalu anda refresh akan muncul identitas, seperti versi mikroti, mac address mikrotik, ip address mikrotik, dan beberapa lainnya, jika itu ditemukan attacker untuk memasukki system mikrotik dari identitas yang didapat,dan itu sangat membahayakan

C. Maksud dan tujuan

agar host yang ingin masuk ke mikrotik tidak dapat menemukan celah keamanan seperti indentitas mikrotik yang sudah saya sebutkan diatas

D. Alat dan bahan

1. laptop
2. mikrotik
3. kabel utp

E. Waktu yang di butuhkan

sekitar 5 menit

F. Waktu pelaksanaan

1. login ke mikrotik menggunakan winbox
2. Jika sudah login. masuk ke IP >> NEIGHBOR >> DISCOVERY INSTERFACES
3. jika sudah masuk ke dicovery interfaces,  kalian matikan dengan tombol X yang berwarna merah.. nah kali ini saya kan conect menggunakan ETH3...jadi saya coba matikan.

4. maka pada saat log out lalu ingin masuk lagi..maka tidak akan muncul tipe mikrotik, ip address maupun Mac address

Terus gimana kalo mau masuk ke mikrotik pake winbox?
Nah untuk masuk ke mikrotik, kalian langsung klik connect aja..maka akan masuk secara otomatis.

nah mungkin sekian postingan saya kali ini. kurang lebihnya saya minta maaf. wassalamuallaikum wr wb.

Comments

Popular posts from this blog

Os linux asli indonesia yang masih aktif

Mengatasi error pada phpmyadmin ( #1698 - Access denied for user 'root'@'localhost' )

Mengatasi masalah tidak bisa menginstal bind9 di server